Rabu, 09 November 2011

Update bios. Gampang-gampang susah. Sebaiknya jangan dilakukan jika tidak terpaksa. Biasanya update bios dilakukan jika mainboard mengalami problem misalnya harddisk baru tidak support di bios lama. Saya sebelumnya baru sekali melakukan yang namanya update bios, itu karena terpaksa. CPU selalu restart sendiri jika dipake. Karena udah mentok akhirnya saya coba update bios. Nah sekarang saya ingin menceritakan tentang pengalaman kedua saya mengenai update bios yang error beberapa waktu yang lalu. Pesan errornya yaitu : “Bad Bios Checksum…”

Awalnya dicoba update melalui CD karena pada pesan error tersebut otomatis mencari sumber untuk melakukan update bios, namun setelah dicoba mengisi CD dengan file bios (P4V8X-X.ROM) ternyata entah kenapa tidak mau didetek. Sudah beberapa kali burn CD dengan variasi nama hasilnya tetap sama.

Akhirnya saya putuskan menggunakan disket. Berikut ini informasi pada tampilan di layar saat saya mencoba update  menggunakan disket
Starting Bios Recovery…
Checking for Floppy …
Floppy Found
Reading file bla..bla…

Lama ngga pake disket, sekarang terpaksa harus pake diskdrive dan disket. Ternyata cari disket yang waras susah banget.  karena program untuk update bios ini ternya cuman mau dikenali via floppy




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar