Minggu, 27 November 2011

Pelacak Lokasi tanpa GPS

Google Inc. meluncurkan pelacak lokasi bagi telepon seluler yang tak memiliki fitur Global Positioning System (GPS). Layanan bernama My Location yang bisa diakses melalui Google Maps itu melacak lokasi berdasarkan posisi terdekat telepon seluler dengan menara pemancar seluler (BTS).

Hasil penelusuran berdasarkan lokasi BTS itu memang tidak seakurat GPS. Namun, fungsi ini bermanfaat bagi mereka yang ingin tahu keberadaannya tanpa perlu membeli telepon seluler ber-GPS.

"Layanan itu membantu pengguna mempercepat pencarian dengan menunjukkan lokasi umum keberadaan mereka," kata Steve Lee, Product Manager Google.

Tanpa layanan ini, pengguna harus mengetikkan alamat persis keberadaan mereka pada Google Maps. Tapi ini menyulitkan mereka yang "buta" perihal kawasan di mana dia berada.

Untuk mengakses layanan yang masih bersifat beta itu, pengguna harus mengakses Google Maps di handset-nya, lantas memencet tombol nol. Sebuah titik biru akan muncul pada peta yang ditampilkan di layar. Itulah lokasi di mana pengguna berada.

Bila telepon seluler pengguna memiliki layanan GPS, titik biru itu akan solid warnanya. Namun, bila tidak, titik biru akan dilingkari sebagai penanda bahwa lokasi itu tidak presisi.

Lee mengatakan, meski hasilnya tak presisi, layanan My Location tak menyedot daya baterai ponsel sebagaimana GPS. Layanan itu juga bekerja baik di ruangan tertutup, tak seperti GPS yang sinyalnya bisa megap-megap.

PCWORLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar