Rabu, 07 Desember 2011

Fakta Garansi Seumur Hidup (Lifetime Warranty) ???

Pasti agan pernah denger istilah lifetime warranty atau garansi seumur hidup kan? apalagi hardware komputer seperti Flashdisk, HDD external dll, pasti udah lifetime warranty deh kebanyakan.
Tapi agan pernah mikir juga gak,kalo misalnya barang kita rusak 50 taun lagi,gimana jadinya?

Menggugat Garansi Lifetime

Di era globalisasi ini perkembangan teknologi semakin pesat. Berbagai produk dari vendor dan merk-merk baru bermunculan sehingga membuat semakin ketatnya persaingan bisnis di bidang IT ini. Pada awalnya merk-merk terkenal selalu merajai disetiap perdagaangan. Produk mereka selalu banyak diminati konsumen karena kualitas produk yang diberikan memang bagus walaupun harganya mahal. Dan pada saat merk-merk baru bermunculan, dengan berbagai fitur tambahan yang menarik, serta dengan harga yang jauh lebih murah membuat konsumen mulai beralih memilih produk dari merk baru tersebut. Menghadapi kenyataan seperti itu, vendor dari merk-merk terkenal mulai memutar otak untuk berpikir agar produknya tetap diminati oleh konsumen.

Akhirnya ditemukan solusi dengan sedikit menurunkan kualitas produk mereka agar harganya bisa seimbang dengan harga produk dari merk-merk baru tersebut. Dengan strategi yang diterapkan vendor merk-merk terkenal itu, vendor merk-merk baru mulai tidak berkutik. Menurut mereka, menurunkan kualitas produknya agar mempunyai harga yang jauh lebih murah dari produk merk-merk terkenal sudah tidak mungkin dilakukan, karena mereka tahu bahwa memang kualitas produknya tidak sebagus vendor merk-merk terkenal. Akhirnya ditemukan cara dengan memberikan embel-embel “Garansi Lifetime” untuk produk-produk mereka. Rupanya cara ini sangat efektif. Terbukti dengan banyaknya produk-produk di pasaran yang disertai dengan embel-embel “Garansi Lifetime” seperti yang saya saksikan di Hi-Tech Mall beberapa hari yang lalu.

Yang patut dipertanyakan, apakah garansi lifetime itu memang benar-benar ada ataukah hanya sekedar embel-embel saja? Apakah kualitas produk-produk mereka sudah benar-benar bermutu sehingga berani memberi garansi lifetime? Kalau misalkan, sekarang saya membeli flashdisk berkapasitas 2GB seharga Rp 90.000,- kemudian rusak setelah saya pakai selama 30 tahun (sekitar tahun 2038) apakah akan diganti dengan flashdisk yang baru? Kalau 30 tahun lagi flashdisk berkapasitas 2GB itu tidak diproduksi lagi, kira-kira akan diganti dengan flashdisk kapasitas berapa GB? Kemudian kalau seandainya 30 tahun lagi stan penjual flashdisk tersebut tutup, kemana saya harus komplain? Dan sederet pertanyaan lagi yang saya tidak tahu kepada siapa saya bertanya dan tidak tahu siapa yang berhak menjawabnya.

SUMBER

Kesimpulan : Jangan cepet tergiur dengan barang murah berlogo "Lifetime Warranty" gan. Garansi seumur hidup yang dimaksud oleh penjual hanya selama barang masih diproduksi. Jika barangnya sudah tidak diproduksi,yaudah garansi abis ~that's it.

Jadi sebenernya garansi seumur hidup itu apa? seumur hidupnya siapa? kenapa harus dinamakan "seumur hidup"? kenapa gak dikasih nama "Selama Barang Diproduksi", kan lebih realistis.

tapi itulah yang namanya taktik dagang gan,harus bisa nipu2 konsumen sedikit-sedikit demi meraup untung sebesar-besarnya

komentar
dulu ane pernah belajar Mata kuliah Rekayasa Sistem gan..
kalo gak salah pernah ada istilah Lifetime yang artinya "masa hidup"
dari sebuah barang yang di produksi
nah ketika pertama kali dibuat..
sebuah barang tuh sudah di prediksi memiliki masa hidup nya sendiri,
misalnya sebuah Flasdisk memiliki standar masa hidup dapat dipakai setelah
di baca - di tulis- dan di format sekian ribu kali baru boleh rusak..
jadi bukan seumur hidup...
lagian klo seumur hidup agan belom tentu tuh pabrik masih buka

-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Lifetime Warranty
kalao ane sih mikirnya simple aja gan

garansi seumur hidup
berarti garansi hanya berlaku saat hidup
kalao ude mati mah ude ga garansi lagi kan....

ada benernya juga ga sie....
kalao bener taruh pejwan biar pada nyadar
apa itu Lifetime Warranty
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Itu kan cuma istilah dagang doang gan. Dosen ane pernah cerita tentang Lifetime Warranty, mahasiswa yg ngira kalo itu bnr2 garansi selamanya, diktawain ma dosen ane sejak itu ane jadi ngerti maksudnya. Ya selama masa hidup tu produk, kalo udah gak diproduksi ya mati udah gak hidup lagi

Sbenernya bukan penipuan, tp qta harus pinter2 aja n tau istilah2 be a smart customer
-------------------------------------------------------------------------------------------------
Ane penah kerja di satu perusahaan yang produk nya lifetime warranty Gan...
Biar pada nyadar sih, ane cmn mw share......
Yg dimaksud lifetime tuh servicesnya doang....
Kalo misalnya ada komponen fisik yang rusah, ya harus bayar juga wakakakaka
yg di bwt lifetime tuh, gk ad biaya services doang....
jd kapan pun Agan" mw services tuh barang sih diterima n gk di cash sepersenpun.
cuman kalo waktu services ad komponen yang rusak, ya harus bayar juga
Hahahaha
--------------------------------------------------------------------------------------------
Jangan lupa juga GAN...........LIFETIME WARRANTY juga berlaku kalau unit tsb belum cacat / masih gress.

Emang ada flashdisk yang sudah dipakai 3 tahun body nya masih gress ???

Terselubung nih gan.............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar