Sabtu, 24 Oktober 2009

Recovery Data Hilang Akibat Norton Ghost

[caption id="attachment_377" align="alignleft" width="300" caption="Laptop Hilang Partisi"]Laptop Hilang Partisi[/caption]

Kali ini ada kasus yang menarik untuk ditulis di blog bakung16.wordpress.com ini. Sebuah laptop dengan harddisk ukuran 80 giga dibagi menjadi 4 partisi. Nah, entah mungkin karena rusak windowsnya atau karena virus kemudian diputuskan untuk restore system menggunakan norton ghost. Karena terburu-buru dalam menggunakan norton ghost, partisi datanya jadi hilang. Partisi di drive D, E dan F lenyap menjadi 1 partisi C saja. 

[caption id="attachment_378" align="alignleft" width="300" caption="Ukuran Partisi ngawur"]Ukuran Partisi ngawur[/caption]

Malam sekitar jam 8, saya terima laptop dengan masalah data hilang ini. Ketika pemilik laptop sadar bahwa partisinya jadi tinggal 1,  si pemilik laptop mengambil tindakan tepat yaitu tidak mengutak-atik lebih lanjut dan memilih mematikan. Mereka kemudian mencoba mencari informasi di internet mengenai recovery data yang murah dan menemukan blog ini sebagai pilihannya. :)
Untuk kesekian kalinya saya menangani kasus recovery data laptop karena Norton Ghost. Kasus kali ini masih taraf gampang-gampang susah. Setelah saya coba metode recovery sampai pagi hari akhirnya berhasil mengembalikan partisi yang hilang. Namun ada sedikit masalah ketika partisi yang hilang sudah berhasil dikembalikanl. Seperti terlihat pada gambar kedua berikut ini:
Munculnya Unpatitioned space yang berukuran sangat2 besar. Setelah saya cek ternyata data-data dalam setiap partisi masih bagus. Jadi tindakan selanjutnya adalah melakukan backup HD 80giga ini ke harddisk 1 tera.

Setelah backup semua data selesai dilakukan. Tindakan  selanjutnya yang paling gampang adalah dibuka lembaran baru, yaitu partisi ulang dan format ulang. Setelah itu proses restore data dari HD 1 tera ke HD laptop 80 giga ini. Sekarang, laptop pasien sudah sembuh 100 persen. Semua partisi dan data didalamnya baik document, foto, film, video setelah dicek secara random bisa dibuka dengan sempurna.

Saran-Saran
- Bagi yang mengalami hal sama yaitu kehilangan partisi karena norton ghost atau apapun. Jika tidak berpengalaman sebaiknya. Hentikan semua kegiatan menggunakan laptop/komputer yang sedang bermasalah dengan hilangnya data

- Jangan menginstal, atau menyimpan data baru di laptop/komputer yang bermasalah karena tindakan tersebut akan merusak data hilang
- Serahkan kepada ahlinya untuk penanganan penyelamatan data yang tepat

Laptop yang hilang partisinya ibarat orang  yang  mengalami sakit kritis dan harus segera dilarikan ke IGD yang terbaik.

Pesan sponsor: Jika anda mengalami hal seperti diatas  segera bawa ke tempat kami, agar data yang bisa diselamatkan bisa maksimal.

7 komentar:

  1. mohon maaf sebelumnya,
    tapi bolehkah saya tau software recovery apa yg dipakai untuk mengembalikan partisi yg hilang ,.. terima kasih

    BalasHapus
  2. Saya memliki HP mini windows 7, wktu itu blue screen jadi sya bwa lgsg k'HP center d'kuningan, setelah 4 hari saya ambil koq partisi d'HP mini saya hilang dan yang anehnya recoverynya juga hilang menjadi satu partisi saja (C). 2 hari kemudian saya datang lagi tuk minta penjelasan dan recovery tapi tekhnisinya bilang recovery tuk windows 7 gda/lum dibuat padahal mereka yang menghilangkan, tolong kasi solusi

    BalasHapus
  3. beRarti masiH amatiRan Bro... :P

    BalasHapus
  4. masalah kita hampir sama bro klu q gra2 install PM8 trus q uninstall abis itu recovery disk di harddisk saya hilang begitu saja...

    coba bro minta pada toko yang menjual HP MINI punya mu pasti mereka punya...

    BalasHapus
  5. om saya saat ini sedang mengalami kasus yang sama, ktika laptop saya ghost. Karena terburu-buru dalam menggunakan norton ghost, partisi datanya jadi hilang. Partisi di drive D lenyap menjadi 1 partisi C saja.. klo boleh tau di mana alamat om & berapa administrasinya untuk mengembalikan drive saya yg hilang itu. . . MOHON BALASAN NYA THANKS

    BalasHapus
  6. om klo boleh saya minta sofwarenya & cara mengoprasikan untuk mengembalikan data saya yg terkana partis thank

    BalasHapus
  7. ealaahh .. bakulan tibak e mas iki .... :p

    BalasHapus