Rabu, 18 November 2009

Berhenti Merokok, sebuah perjuangan

Akibat RokokBayar Rokok Rp 10.000 + Tabungan Untuk Rumah Sakit Rp 20.000

Setidaknya sudah 10 tahunan saya hidup sebagai perokok.  Cukup lama saya kecanduan rokok.  Banyak sudah merk rokok yang saya coba. Berikut ini cerita rokok yang telah saya hisap

1. Pertama kali merokok mencoba merk Jarum Super. 2 batang perhari saat (SMA)
2. Selanjutnya menyukai gudang garam, sehari 1/2 bungkus (Mahasiswa)
3. Tetap gudang garam, kadang kadang Dji Sam Soe dan rokok ringan seperti A Mild 1 bungkus perhari (Setelah lulus)
4. Terahkir saya menikmati A mild isi 16, 1-2 bungkus perhari.
5. Sempat mencoba rokok herbal, lumayan cocok apalagi harganya jauh lebih murah dari A Mild. Sayangnya barang belum tentu ada.

Dulu pernah mencoba berhenti merokok. Sudah berhasil hidup tanpa rokok selama 11 bulan. Namun akhirnya merokok lagi. Kira-kira 4 th yl. Gara-gara sepele akhirnya jadi perokok berat lagi.

Sejak 27 mei 2009 saya memilih berhenti merokok, kali ini saya tidak mau mencoba rokok lagi. Jika diitung-itung duit rokok selama ini sudah bisa buat beli roda 4.

Renungan bagi para perokok atau orang yang ingin menjadi perokok
Saya yakin, anda memilih merk rokok dan jumlah rokok yang dihabiskan perharinya telah disesuaikan dengan kemampuan / penghasilan. Tetapi anda mungkin lupa bahwa biaya rumah sakit juga harus anda masukkan sebagai anggaran konsekuensi merokok.

Lalu berapa dana yang harus disisihkan jika nanti masuk rumah sakit? Biar merokok anda menjadi nyaman dan tenang! Yang pasti mencapai perawatan dokter makan waktu lama dan menghabiskan puluhan bahkan ratusan juta. Kecuali keburu mati. Ini sebagai resiko yang cepat atau lambat akan dihadapi setiap perokok. tidak bisa ditawar lagi harus mau masuk rumah sakit dan harus membayar jasa rumah sakit.

Berikut ini adalah Fakta ROKOK:

Jantung Koroner
Nyeri hebat sekali di dada kiri yang terasa seperti tembus hingga ke punggung kiri, itulah gejala awal serangan jantung koroner. Penyakit ini terjadi akibat nikotin mencetuskan sumbatan di dalam saluran darah pada dinding jantung yang disebut pembuluh darah arteri koronaria (koroner). Bila serangannya berat sekali dan terlambat diberi pengobatan, penderita bisa langsung meninggal saat itu juga. Namun meskipun penderita ini berhasil ditolong, serangan serupa suatu saat bisa datang lagi dan terus berulang secara mendadak. Operasi jantung adalah pilihan untuk melepaskan diri
dari ancaman kematian ini.

rokok juga dapat mencetuskan stroke pada otak dan berbagai penyakit kanker, terutama kanker paru-paru serta kanker organ pernapasan lainnya. Hampir semua penderita kanker paru-paru adalah perokok, demikian pula hampir semua penderita impotensi (lemah syahwat pria) adalah perokok. Kanker adalah penyakit yang mengerikan, sama mengerikannya dengan AIDS. Bila penderita kanker tidak segera ditangani, umumnya hanya bisa bertahan hidup sekitar enam bulan hingga 12 bulan, setelah itu kemudian meninggal kecuali bila Allah SWT menghendaki lain.

Di negara yang menghalalkan minuman keras pun, kematian akibat merokok (430 ribu) jauh lebih besar dari kematian akibat minuman keras (81 ribu). Kematian akibat merokok di Amerika Serikat hampir enam kali lebih besar daripada
kematian akibat minuman keras.

Secara farmakologi, nikotin adalah racun yang mematikan. Dosis lethal (mematikan) nikotin pada manusia sekitar
60 mg. Satu batang rokok putih saja sudah mengandung nikotin antara 15 - 20 mg. Jadi bila tiga atau empat
batang rokok dimasukkan ke dalam segelas air minum, kemudian diminum dengan rokoknya sekaligus maka bisa
mati karena dosis nikotinnya sudah mematikan. Tetapi bila nikotinnya dihisap melalui asap rokok, maka kadar nikotin yang diserap tubuh dalam tiap batang rokok akan jauh lebih rendah dibanding bila rokok ini diminum. Mau mencoba dengan cara diminum ????
Mbah Sastro, kakek saya umurnya 80 tahun tinggal di atas lereng pantai Parangtritis bisa menghabiskan rokok jarum 76 satu bungkus perhari, tapi sampai hari ini kakek saya masih sehat bahkan bekerja di sawah tiap hari tanpa ngos ngosan. Berarti rokok tidak terbukti selalu membuat orang sakit dong ?????
Betul. Sebagian kecil orang kebal terhadap efek buruk rokok. Seperti kakek saya ini, biasa berjalan tiap pagi sejauh 5 km dan bekerja di sawah dan ladang miliknya. Makanan yang dikonsumi kakek  saya adalah hasil panen sendiri yang kebanyakan makanan organik. Karena pupuknya menggunakan teletong sapi pilihan dari 2 ekor sapi miliknya.

Teletong sapi pilihan ???? Ya, berbeda dengan sapi kota, Sapi mbah sastro makannya rumput organik yang tumbuh liar di sekitar rumahnya, Sapi kota makanannya udah banyak mengandung bahan kimia, seperti bekatul yang berasal dari padi bukan organik.

Karena hidup jauh dari peradaban dan udaranya masih sehat membuat mbah Sastro tetap bugar, raut wajahnya selalu terlihat ceria, tidak pernah sekalipun terlihat murung. Lalu bagaimana anda sebagai perokok dan tinggal di kota? Sudahkan anda imbangi dengan mengkonsumsi makanan organik dan melakukan aktivitas jalan kaki tiap hari seperti mbah Sastro ???

Jika jawabannya IYA. Berarti anda berpeluang menjadi perokok yang aman. dengan resiko kecil terkena akibat buruk rokok. Selamat Buat Anda !!!

2 komentar:

  1. saya sangat setuju dengan usaha anda berhenti merokok, dan saya juga sangat salut karena setahu saya berhenti merokok adalah suatu hal yang sangat sulit dilakukan tetapi kenyataannya anda berhasil melakukannya. SELAMAT.

    BalasHapus
  2. ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA – MELANJUTKAN KULIAH – KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

    -SMU:4.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.

    HUB: *========*

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya

    BalasHapus