Selasa, 15 April 2008

Virus Menyerang Windows Vista

Ini merupakan pengalaman pertama (bukan malam pertama lho) saya menerima laptop dengan windows vista yang terinfeksi virus. Ada 2 file virus yang resident di memory dan siap menginfeksi removable disk. Kedua file ini entah saling berkaitan atau merupakan 2 virus yang berbeda. nama file virus ini adalah : Services.exe dan wmiprvse.exe


Di lingkungan windows XP virus ini sebenarnya sudah sangat populer. Namun baru sekarang saya tahu bahwa virus ini telah berhasil menembus pertahanan windows vista yang konon lebih baik dalam hal proteksi terhadap serangan virus.

Berikut ini saya sertakan foto yang berhasil diabadikan saat virus menyerang windows vista. Mengenai keaslian foto ini bisa ditanyakan ke pakar telematika Indonesah, Pak RM Roy Suryo
Virus di Windows Vista


Keterangan gambar:
3 file paling bawah, tidak dikenali pembuatnya (unknown manufacture) merupakan virus utamanya

Untuk membersihkan virus ini, matikan virus aktif di resident memory dengan program task manager, kemudian cari dan hapus file-file yang ukuran dan tanggal sama dengan file virus diatas.

9 komentar:

  1. waaah pak, commentku ga pernah bisa masuk nih pak
    payah!

    BalasHapus
  2. klo didelete 3 file diatas mang virusnya dah ilang?dah beres?perlu cara tambahan lg gak biar virusnya ilang smp ke akar2 nya?

    BalasHapus
  3. saya mw nanya neh........

    ada g virus yg bisa nyerang windows vista ???
    klo ada nama virusnya apa aja ????????????

    thanx 4ever

    BalasHapus
  4. Windows Vista mah udah rese dari sananya, nggak pelu dipakein virus lagi, hahaha.

    Lagian programmer yang mau bikin virusnya juga nggak napsu, capek deh kalo harus kerja bikin virus under vista.

    BalasHapus
  5. Bro,
    Aku mau konfirmasi bahwa services.exe dan wmiprvse.exe, kedua files ini sama sekali bukan virus, tapi 2-2nya file bawaan windows (Vista or XP) pasti ada. Tapi bisa jadi Virus yang nginfeksi hijack kedua file tersebut.
    Masukan:
    1. Install Kaspersky or Norman (Kaspersky lebih kuat), untuk cari dan delete virusnya.
    2. Repair windowsnya.
    Memang langkah tersebut dah kuno cuma coba aja deh!

    BalasHapus
  6. Saya juga lagi nyari2 info soal virus yg nongol di task manager... yg bener gimana nih bos....
    Tapi thanks ya atas info nya

    BalasHapus
  7. lepiku kena virus nih namanya wmiprvse.exe, gmn hapusnya bos

    BalasHapus
  8. udah 1 minggu cek nih wmiprvse.exe, window xp jadi agak lemot, kyknya memorynya kepake nih sama nih virus, kebetulan gw pake avira free sama smadav free jg ( maksudnya ngirit gitu ;) ) kebetulan gw jalanin avira dolo, langsung dapetin virus entah itu 0Calc.exe, Calac.exe dll dah yg emang kayaknya residen di memory tapiiiii kalo wmiprvse.exe gak diutak atik sama tuh 2 anti virus.
    emang kalo dari cek and recek tuh wmiprvse.exe ada file yg bawaan windows, tapi kalo di delete jg gak masalah seh, adanya di c:\windows\system32\wbern, sama di regeditnya sekalian di hapus, dan windows gw jalannya jadi mulus lagi.
    tapii ternyatan seminggu kemudian tuh virus nongol lagi, dah gw nyerah dah @#$

    BalasHapus