Sabtu, 22 Agustus 2009

syncronize smartphone dengan outlook

spv_c550Sudah lebih 1 bulan ganti HP smartphone dengan window mobile 2003, berhubung HP beli second dari temen, saya diwajibkan backup phonebooknya atau menjaganya jangan sampe hilang. Benar-benar tidak nyaman punya HP sendiri tapi isi phonebooknya milik orang lain.

Saya kesulitan membackup buku telpon yang jumlahnya ratusan data. Mau dicatat satu persatu males banget, selain resiko salah tulis. Sebelumnya sudah saya coba mendaftar layanan telkomsel backup yang bayar bulanan itu. Ternyata HP tidak support dan harus membackup satu-persatu melalui SMS (sama aja boong). Cara lain yang sudah saya coba adalah dengan mendaftar ke situs layanan backup phonebook yang gratisan di internet, termasuk google syncronize namun masih tetap gagal. Memang HP yang saya gunakan juga jadul dan bukan HP pasaran. 

Orange SPV C550 keluaran 2005 yang aslinya hanya dijual di negara Inggris. Meskipun HP jadul namun fiturnya oke buat saya, windows mobile 2003, outlook, layar besar 240 x 320, dan yang paling penting kapasitas phonebook serta SMS unlimited. Oya HP ini sebenarnya keluaran HTC dengan nama pasaran hurricance. Atau Dopod dengan seri 566

Kali ini saya berhasil syncronize menggunakan outlook dimana sebelumnya sempat gagal dengan outlook express. Berikut ini catatan singkat saya mengenai caranya:

Instal microsoft outlook 2003, jangan lupa instal translate nya juga untuk keperluan export/convert data phonebook dalam bentuk excel atau format lainnya
Instal juga Microsoft syncronize 4,5

Setting Syncronisation di HP |PC Settings pilih manual saja
Jalankan Syncronisation melalui HP. Done !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar