Rabu, 24 Desember 2008

Tips Sehat Minum Kopi

Sebagian orang beranggapan bahwa teman terbaik saat bek

Kopi Panas Nikmat Sekali
erja adalah secangkir kopi. Namun apakah penderita hipertensi bisa tetap bersahabat dengan kopi sambil bekerja? Berikut ini ada beberapa tips agar Anda bisa tetap menikmati nikmatnya kopi tanpa khawatir akan mengalami gangguan pada kesehatan.

1. Atur dosis kopi yang akan Anda minum. Kebanyakan peneliti mengungkapkan bahwa minum 300 mg kafein atau sekitar ti
ga cangkir kopi tiap hari tidak memberikan efek negatif pada orang sehat.

Tiap orang memiliki batas tersendiri ketika meminum kopi. Untuk itu ada baiknya Anda mengetahui kandungan kopi yang Anda konsumsi.

2. Informasi lain mengenai kopi berdasarkan sejumlah penelitian adalah kopi decaf atau kopi tanpa kafein baik untuk mereka yang mengalami obesitas, karena dapat meningkatkan HDL (kolesterol 'baik') sekitar 50%.

Sedangkan bagi mereka yang tidak menderita obesitas justru dapat menurunkan kolesterol HDL ini. Akibatnya, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Tahukah Anda bahwa setiap mengkonsumsi enam ons kopi, berarti Anda kehilangan lima miligram kalsium. Tapi jangan khawatir dahulu, kehilangan kalsium ini bisa diatasi dengan menambahkan dua sendok susu pada kopi.

Sedangkan campuran kopi dengan alkohol kurang baik terutama untuk orang yang mengalami gangguan hati. Selain itu, campuran kopi dengan krim juga sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori berlebih..

4. Kafein juga berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Bagi Anda yang sedang mengkonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan ke dokter tentang kebiasaan Anda dalam meminum kopi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar